Blog yang membahas seputar informasi yang sangat penting, yang tidak mungkin anda lewatkan.

Selasa, 25 Oktober 2016

Macam-macam Pensil dan Fungsinya

Dari kamu pertama kali memasuki bangku sekolah pastinya kamu dituntut untuk harus tahu dengan pensil. Saya menebak, kamu pasti mengenal pensil yang berinisial 2B. Karena disaat ujian nasional diwajibkan menggunakan pensil tersebut, alat ini memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan fungsinya.

Pensil biasanya digunakan orang untuk melukis, dan sering juga digunakan untuk melaksanakan ujian. Dengan benda kecil ini ternyata banyak sekali karya-karya unik yang mempunyai nilai artistik yang sangat cukup tinggi yang tidak kalah jika dibandingkan dengan media lukis lainnya.

Macam-macam Pensil dan Fungsinya

Teknik kering? adalah berkarya dengan menggunakan pensil, ini berbeda dengan teknik basah yang dibutuhkan bahan pendukung seperti minyak ataupun air. Untuk kamu yang baru mengenal jenis-jenis pensil, ada baiknya kita mengetahui macam-macam jenis pensil serta fungsinya:

Macam-macam pensil berdasarkan tingkat kekerasannya:

1. Lunak
Semakin lunak kepadatannya akan semakin pekat juga warna hitam pensil tersebut. Jenis pensil ini ditandai dengan kode-kode yang tidak asing lagi yaitu 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B.

2.  Sedang
Biasanya jenis pensil ini digunakan untuk menulis dengan ditandai huruf dan angka 2H, 3H, H, HB, F, B.

B= Black, HB= Half black, H= Hard, F= Firm

3. Keras
Sudah bisa ditebak, pensil jenis ini sebenarnya digunakan untuk membuat sketch bangunan. Karena efek warnanya yang tidak begitu terlalu gelap, bahkan cendrung berwarna abu-abu. Kode pada jenis ini ditandai dengan angka 4H, 5H, 6H, 7H, 8H, 9H. H dibelakangnya itu artinya adalah Hard.

Setelah kamu mengetahui pensil berdasarkan tingkat kekerasannya, dan selanjutnya ada Macam-macam pensil berdasarkan tingkat kehitamannya:

Memiliki tingkat kehitaman yang berbeda-beda ditandai dengan kode-kode yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Untuk membuat sket awal atau gambar rancangan pensil yang digunakan adalah pensil dengan tingkat ketebalan yang renda seperti H, B, HB, dan juga 2B. Jika untuk membuat outline dan arsiran kita harus menggunakan pensil dengan tingkat ketebalan yang sedang seperti 3B, 4B, dan 5B.

Dan pensil dengan tingkat kehitaman yang paling tinggi yaitu 6B, 7B, hingga 8B hanya digunakan untuk menggambar. Biasanya jenis pensil seperti ini digunakan untuk membuat efek air, kaca, dan pencahayaan.

Biasanya untuk pensil-pensil yang bermerk yaitu Staedtler Pensil terbaik untuk anak yang merupakan pensil terbaik dengan kualitas tinggi dari jerman.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
 

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *